Kongres Luar Biasa PSSI Sebaiknya Digelar sebelum Pilpres 2019

POJOKSATU.id, JAKARTA – Setelah sempat berpolemik  Komite Eksekutif PSSI akhirnya sepakat untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).
Opsi ini akan ditempuh menyusul penetapan tersangka terhadap plt Ketum PSSI, Joko Driyono alias Jokdri oleh Satgas Antimafia Bola Mabes Polri.
Anggota Komite Eksekutif PSSI Very Mulyadi mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah Komite Eksekutif PSSI menggelar rapat di Jakarta, Selasa (19/2/2019).
Namun sebelumnya, pihaknya akan meminta arahan kepada FIFA sebelum menyusul detail agenda pemilihan calon ketua umum baru tersebut.
“Setelah ditetapkan waktunya, PSSI memberitahukan ke anggota empat minggu sebelum KLB. Kira-kira tiga bulan lagi baru KLB,” kata Very seperti dikutip Pojoksatu.id dari laman JPNN.
Rencana itu pun mendapat repon positif dari Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono.
Dikatakannya, PSSI memiliki local wisdom (kearifan lokal) tersendiri yang merupakan bagian dari force majeure (kondisi darurat).
Kondisi darurat dimaksud, sebut dia, adalah situasi menjelang Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 yang akan digelar pada 17 April mendatang.
“Memang PSSI tak punya pilihan lain kecuali menggelar KLB,” kata Suhendra.
Ditegaskannya, jika KLB semakin cepat digelar, situasi akan kian baik sehingga tidak akan mengganggu pelaksanaan Pemilu 2019.
Oleh karena itu, dikatakan dia, PSSI tidak harus mengacu kepada mekanisme Statuta FIFA. “Organisasi apa pun di muka bumi ini pasti menghormati pemilihan presiden di suatu negara. Karena itu, KLB harus digelar sesegera mungkin agar tidak ada jeda kepengurusan di PSSI,” tuturnya.
Terkait rencana ini, pihaknya meminta PSSI segera membentuk perangkat Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP), termasuk menetapkan tanggal KLB pemilihan kepengurusan baru, termasuk menjaring nama-nama calon ketua umum.
“Kami juga terus berkoordinasi dengan Satgas Antimafia Bola sesuai tupoksinya agar suksesi di PSSI dan proses hukum berjalan paralel,” imbuhnya.
(qur/pojoksatu)

Tumbangkan Newcastle 5-0, Leicester Nyaman di Posisi Tiga Klasemen
Monday September 30, 2019

POJOKSATU.id, JAKARTA – Leicester City nyaman menempati posisi tiga di klasemen Liga Inggris usai menang telak 5-0 dari Newcastle, Minggu (29/9) malam WIB. Leicester kini hanya berjarak dua poin dari... Read more >

Kalah dari Persipura, PSM Makassar Perpanjang Rekor Buruk Musim Ini
Friday September 27, 2019

POJOKSATU.id, SIDOARJO – PSM Makassar kembali meraih hasil minor di laga tandangnya. Setelah pekan lalu takluk dari tim juru kunci, Semen Padang, kali ini dibungkam Persipura Jayapura. Bertanding di Stadion... Read more >

The post Kalah dari Persipura, PSM Makassar Perpanjang Rekor Buruk Musim Ini appeared first on M88cvf.

The post Tumbangkan Newcastle 5-0, Leicester Nyaman di Posisi Tiga Klasemen appeared first on M88cvf.

Madura United Incar Kemenangan di Kandang PSS Sleman
Sunday September 29, 2019

POJOKSATU.id, SLEMAN – Madura United mengincar kemenangan saat bertamu ke Stadion Maguwoharjo, markas PSS Sleman, Minggu (19/9) sore WIB. Selain berkeinginan menggeser posisi Tira Persikabo dari posisi dua, kemenangan juga... Read more >

The post Madura United Incar Kemenangan di Kandang PSS Sleman appeared first on M88cvf.